Bangkutaman memperkenalkan Single terbaru, “Dinamika”

Bangkutaman memperkenalkan Single terbaru, “Dinamika”


Bangkutaman resmi memperkenalkan single terbarunya. Bertajuk “Dinamika” single yang dirilis secara resmi di layanan streaming musik di bawah label Palm House Records. “Dinamika” adalah karya terbaru bangkutaman sejak mereka merilis mini album Rileks di tahun 2016.

 ”Dinamika” menghadirkan lima menit paket perjalanan instrumental bernuansa jazz psychedelia, sebuah hal yang di luar pakem yang belum pernah dilakukan oleh band yang terbentuk tahun 1999 ini.

 Ide dasar single ini lahir secara spontan dari sebuah sesi ‘main-main’ dari jamming. Awalnya hanya sebuah pattern jazz standard yang kemudian ditambahkan banyak elemen psikedelia di sana, dari mulai flute, gitar dan piano.

 “Semua mengalir, tak direncanakan, kami rasanya seperti diarahkan oleh musik,” ujar Wahyu “Acum” Nugroho mengenang momen terciptanya lagu ini di studio.

 Sebagai sebuah komposisi yang menyerempet ke jazz, bangkutaman tak lupa menambahkan sesi solo yang dimulai dari flute, gitar, piano ditutup oleh drum. Sebuah pendekatan komposisi yang belum pernah dilakukan bangkutaman sebelumnya dalam membuat sebuah komposisi.

 Di single “Dinamika”, bangkutaman membawa serta banyak musisi tamu, baik sebagai penata musik serta pemain instrumen di dalamnya. Ada musisi jazz, Adra Karim yang memaikan piano, Agustinus Panji Madika di flute, Dharmo Sudirman sebagai penata musik saat rekaman pertama serta Pandji Dharma sebagai produser musiknya.

 Single “Dinamika” direkam di dua studio, sesi pertama di Doors Studio pada 12 - 16 Mei 2019, dilanjutkan sesi rekaman khusus piano dari Adra Karim yang direkam di Palm House, Desember 2019. Mixing dan mastering juga dilakukan di Palm House oleh Pandji Dharma. 

  Dinamika dan keterasingan

 Konsep dari lagu “Dinamika” sendiri lahir dari sebuah perasaan yang ingin mengasingkan diri dari dunia modern. Hal ini tergambar jelas di desain yang digarap oleh seniman visual asal Indonesia yang bermukim di Kanada, Denisa Rahma. 

 “Single artwork Dinamika menggarap konsep mengasingkan diri dari digitalisme di era modern. Visualisasi dibuat dengan menggabungkan sosok humanoid dan unsur-unsur flora dan fauna melalui fotografi dan ilustrasi. Dengan palet warna yang cerah dan hangat, artwork ini menceritakan tentang seorang individu yang merasa dengan konsumerisme teknologi yang ia lakukan, tubuhnya mulai terasa seperti mesin, mukanya semakin pucat, karena itu, ia mencoba memulihkan dirinya dengan mencoba untuk menyatu kembali dengan alam, dimana tubuhnya pun akhirnya mulai kembali sehat,” ungkapnya.

 Menyusul dengan perilisan single ini secara digital, Bangkutaman juga membuat format fisik dari single ini dalam bentuk kaset, berisi single Dinamika dan sebuah lagu b-side yang tidak akan ditemukan di manapun. Kaset ini akan dicetak secara terbatas.

 Segera setelah itu, sebuah video musik ditayangkan secara eksklusif di Detik.com. Videoklip “Dinamika” ini digarap dengan bagus oleh sutradara Alif Maulana a.k.a Azeten. Efek-efek khas psikedelia dibubuhkan dengan cantik dalam video berdurasi 5 menit ini.     

 Single “Dinamika” adalah awalan dari sebuah album yang akan mereka siapkan selanjutnya. Ini menjadi album studio ketiga bangkutaman sejak Love Among The Ruins (2003) dan Ode Buat Kota (2010).


Leave a Reply

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again